Cara membuat buglog

Posted by Unknown Rabu, 27 Februari 2013 0 komentar
Bagikan Artikel Ini :


CARA MEMBUAT BUGLOG
Pertama saya binggung mau buat usaha apa ? untuk melepaskan masalah ekonomi yang melilit keluarga saya.saya pening gaji suami saya kecil,  tidak cukup untuk memenuhi kehidupan kami , iseng-iseng saya buka geogle. Dan baca artikel tentang jamur tiram, asik juga ni buat usaha ini, pikir saya, lalu dengan modal kecil saya coba beli buglog, karena saya belum pandai buat buglog sendiri, dan modal raya pun sangat kecil, jadi saya dan suami pun beli bug log yang siap jadi.  Kumbung telah kami buat, dan sejak itulah kami menjadikan usaha jamur sebagai salah satu mata pencarian keluarga kami.

Bahan
·         100kg serbuk gergaji
·         dedak/bekatul 15-20%
·         kapur 2%,
·         gips 0,5%
·         gula 1%
·         air 50-60%
·         atau juga bisa ditambahkan opsional tepung jagung 2%
Serbuk gergaji sebaiknya di pilih yang benar-benar lapuk, dan serbuk gergaji dipilih dari kayu yang tidak bergetah atau berdamar. Serbuk gergaji boleh dari kayu apa saja. Asal kayu yang benar-benar lapuk.  Dilapukan sekitar 3 sampai 4 minngu. Dan bekatul harus yang baru,jangan yang bau apek dan berkutu.
Cara membuatan.
·         Serbuk gergaji diayak lalu di camput  dengan bekatul kapur, gips lalu diaduk sampai benar2 rata, setelah rata tambahkan air bersih, jangan lupa mengukur ph serbuk gergaji(ph yg baik adalah 5-7) setelah itu campuran media ditutup dengan plastik dan dibiarkan mengompos minimal 1 hari atau lebih makin lama makin bagus, setelah itu masukan kedalam plasti yang tahan panas atau plastic pp. ukuran 18×30, 18×35, 20×30, 20x35x0,04) lalu dipadatkan dengan menggunakan botol, alat atau mesin pengepress baglog. Setelah itu plastiknya di ikat karet ahan panas lalu disterilkan dgn suhu minimum 90 derajat selama 5-7 jam. Setelah media cukup dingin atau bersuhu sekitar 25-30 derajat(pendinginan sekitar 8 jam) lalu dilakukan proses inokulasi/penanaman bibit.
Hubungi dan kunjungi kami
Hp : 082164492203/ 081269385073


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara membuat buglog
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tokoserbajamur.blogspot.com/2013/02/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar